MENGAPA COLOCATION SERVER HARUS DIPILIH UNTUK WEB HOSTING?

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pengertian Colocation

Colocation adalah pilihan hosting untuk usaha kecil yang menginginkan fitur dari departemen TI besar secara gratis. Bagi perusahaan besar akan menggiring tim TI professional untuk mengelola dan merancang situs web mereka sendiri. Ada berbagai macam cara agar bisa menjalankan Web Server tanpa koneksi internet.

Colocation adalah pilihan yang tepat. Kali ini kami akan membahas pemilihan colocation di hosting lain.

Apa itu Colocation?

Colocation ini akan menempatkan mesin server mu di rak orang lain dengan berbagai bandwidth. Sebenarnya harganya lebih standar dari web hosting, tapi jumlahnya sebanding dengan bandwidth. Ada 2 cara, pertama, ke lokasi penyedia colocation dan menginstalnya di rak mereka. Kedua, kamu menyewa mesin server dari penyedia colocation. Mungkin saja perusahaan memberikan IP, bandwidth, dan kekuatan server. Setelah itu berjalan, kamu bisa mengaksesnya seperti mengakses situs web pada penyedia hosting, bedanya kamu memiliki perangkat keras.

Keuntungan Colocation

  1. Keuntungan terbesar adalah biaya pada bandwidth sekitar $150-$200. Server tunggal yang harganya sama dapat ditempatkan di fasilitas colocation yang menyediakan kecepatan bandwidth tinggi dan redudansi yang baik untuk koneksi jaringan. Kamu bisa menyimpan dengan jumlah besar, jika menjadi satu-satunya akses jaringan.
  2. Fasilitas colocation memiliki perlindungan pemadaman yang baik. Generator cadangan itu masih belum cukup untuk menjaga server sepanjang waktu. Untuk itu situs web akan diturunkan selama pemadaman. Penyedia colocation akan membayar pembangkit listrik dan listrik cadangan agar server tetap terlindungi.
  3. Mesin yang terlalu lambat atau memori sedikit hanya akan di upgrade servernya. Jadi, kami tidak perlu menunggu penyedia untuk mengupgrade.
  4. Perangkat lunak server tidak harus bergantung pada penyedia hosting untuk menginstal software atau alat yang digunakan, karena itu bisa dilakukan sendiri. Jika kamu memutuskan menngunakan ASP atau ColdFusion kamu perlu membeli dan menginstal perangkat lunak.
  5. Kita bisa meninggalkan server dan berjalan sepanjang waktu, kita bisa meng-host domain sendiri. Kita pun harus membayar 2 garis untuk memindahkan domain ke lokasi baru atau berurusan dengan pemadaman sementara server untuk dipindahkan ke lokasi baru.
  6. Penyedia colocation akan memberikan keamanan tambahan pada mesinmu. Servermu akan disimpan dan dipelihara dalam lingkungan yang aman.
  7. Kebanyakan server colocation akan menawarkan pengelolaan dan pemeliharaan server tapi dengan tambahan biaya. Tentu ini menjadi sangat berguna ketika kamu tidak memiliki anggota tim IT atau kantor yang jauh dari provider.

Kekurangan Colocation

  1. Penyedia colocation sulit ditemukan. Kamu perlu menemukannya di dekat kantor atau rumahmu, sehingga akan memudahkanmu mengupgrade dan menjaga server. Kecuali kamu tinggal di kota besar mungkinkamu akan terhubung dengan jaringan utama dan pilihan colocation tidak terlalu banyak.
  2. Colocation bisa lebih mahal dari web hosting. Ini berlaku ketika kamu mejaga dan mengelola servermu sendiri. Ketika kamu meningkatkan server kamu perlu membeli perangkat keras kemudian menginstallnya.
  3. Mengakses server fisik akan sulit, karena kamu harus melakukan perjalanan ke lokasi ke penyediaan colocationmu.
  4. Jika kamu pindah ke daerah penyediaan colocationmu, pindahkan servermu ke penyedia baru atau meninggalkan mereka atau membayar kontrak pemeliharaan.
  5. Adanya fluktuasi harga. Salah satu faktor tingkatan bulanan collocating server adalah jumlah data yang ditransfer melalui server per bulan, maka traffic yang terlalu besar dapat menyebabkan tagihan atau layanan melonjak.

Apakah Colocation Dapat Pergi?

Ini sulit dijawab, bagi individu yang menjalankan situs kecil untuk penggunaan pribadi atau blog mungkin tidak perlu meningkatkan layanan yang disediakan colocation atau web hosting. Tapi, jika server membutuhkan power dari standar web hosting, colocation adalah pilihan yang tepat. Ini juga sering menjadi pilihan yang tepat untuk usaha kecil jika ingin menghadirkan web yang cukup besar seperti koneksi jaringan.

 

CONTACT US

Ph. +62 21 299 66 900

Fax. +62 21 526 9587

support@inet.net.id

RECENT NEWS

INET Head Office

Cyber 1 Building,

5th Floor Jl. Kuningan Barat No. 8

Jakarta 12710 – Indonesia